Rabu, 04 Agustus 2010

Bahasa Inggris Sulit?

Banyak orang mengatakan bahwa Bahasa Inggris itu sulit.Mengapa? Ada sebagian orang mengatakan karena Bahasa Inggris itu merupakan bahasa orang luar.Ada juga mengatakan bahwa Bahasa Inggris itu susah ejaannya dan masih banyak lagi pendapat lain.
Tapi ada sebagian orang mengatakan bahwa Bahasa Inggris itu mudah seperti bahasa kita sendiri karena mereka paham akan bahasa itu.
Sebenarnya semua bahasa itu mudah. Kenapa? Bahasa itu merupakan sarana komunikasi antar sesama orang, manusia satu dengan manusia lain dimana bahasa ini sangat diperlukan untuk berkomunikasi.Tanpa bahasa kita tidak akan tahu apa yang diinginkan seseorang.Begitu juga dengan Bahasa Inggris.Sebenarnya
Bahasa Inggris itu mudah asal kita rajin untuk mengucapkan kata demi kata.Bahasa Inggris tidak sesulit yang dibayangkan dalam pelajaran yang selama ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi siswa karena didalamnya ada grammar dan lain sebagainya.Saya sering mengingatkan kepada siswa bahwa kalau ingin bisa berbicara bahasa Inggris pertama-tama bicarakan saja apa yang ingin disampaikan jangan malu.Untuk hal grammarnya urusan kedua.Yang penting ada keberanian untuk berbicara.Hal inilah yang selalu menjadikan siswa menjadi takut untuk belajar bahasa Inggris.Selain itu siswa selalu takut salah akan penyebutan setiap kata atau kalimat yang diminta oleh gurunya.Padahal guru itu tidak akan marah walaupun mereka salah menyebutkan kata atau kalimat yang diberikan itu.Malahan guru akan membantu memperbaiki penyebutan atau dalam bahasa Inggrisnya pronunciation sehingga siswa akan menjadi benar akan penyebutannya.Kesulitan inilah yang selalu membuat saya kewalahan untuk membantu siswa dalam belajar berbicara serta membaca.Tapi sekarang saya menemukan cara baru yang mungkin lebih sedikit membantu siswa menyebutkan atau membaca yaitu dengan cara joke atau play a game.Dengan begini mereka mulai mau membuka "mulut" untuk berucap atau bahkan membuat mereka aktif dalam tanya jawab dikelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar